Friday, December 08, 2017

Bicara Dakwah : KELEBIHAN BULAN RABIUL AWWAL.

TAJUK: KELEBIHAN BULAN RABIUL AWWAL.

Kelahiran Nabi Muhammad:
Kelahiran Nabi Muhammad terjadi pada tanggal 12 Rabiul Awwal 571M atau disebut tahun Gajah.(Dalam al Quran dijelaskan tentang disebutkannya tahun gajah adalah pada surah Al Fiil yang menceritakan rencana Abrahah menghancurkan Makkah).Pada tahun itu,Nabi Muhammad lahir.Dikatakan,saat malam Nabi Muhammad lahir,langit begitu terang benderang dan tenang.
Kelahiran Nabi Muhammad telah disebutkan dalam kitab-kitab terdahulu seperti Injil. Dan Taurat bahawa akan ada penutup para nabi yang lahir dengan berbagai ciri-ciri dan tanda-tanda. Maka, kelahiran Nabi Muhammad adalah sesuatu yang ditunggu oleh kaum yang masih beriman diantara masa-masa Jahiliyah. Nabi Muhammad seolah menjadi cahaya dalam kegelapan masa Jahiliyah.

Kenabian Nabi Muhammad:
Dalam Musnad, dari Ibnu Abbas, ia berkata:“Nabi dilahirkan pada hari Isnin,diangkat menjadi nabi hari Isnin,keluar berhijrah dari Mekah ke Madinah hari Isnin,wafat hari Isnin,dan mengangkat Hajar aswad pada hari Isnin.”(Hadis sanadnya Dhoif)
Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadits dari Abi Qathadhah Al Anshari bahwa Nabi ditanya tentang puasa hari Isnin, Nabi menjawab “itu adalah hari aku dilahirkan, dan hari itulah diturunkannya kenabianku.” (Hadis Sahih)
Menurut sebagian besar para Ulama’,Nabi Muhammad diangkat menjadi Nabi dan rasul ketika beliau berumur 40 tahun.Dan diangkatnya Muhammad sebagai Nabi dan Rasul adalah nikmat yang lebih besar dari penciptaan langit dan Bumi, Matahari, bulan, siang, malam, tanaman, dan lain sebagainya.Itulah mengapa bulan Rabiul awwal atau bulan Maulud ini menjadi bulan yang memiliki keutamaan tersendiri daripada bulan lainnya dalam Islam.

Wafatnya Nabi Muhammad:
Nabi Muhammad wafat pada 12 Rabiul Awwal.Wafatnya nabi Muhammad menjadi hari tersedih dalam benak muslimin dan para sahabat. Wafatnya Nabi Muhammad mengingatkan akidah kita bahwa Nabi Muhammad adalah manusia yang akan berpulang kembali pada Allah. 
 
Semoga artikel ini dapat memberi manfaat buat semua..




umi kata dlu, dia beranakkan aku 12 rabiulawwal. tahun lepas ke tahun lepas lagi 1 tah, 24 disember kena pada 12 rabiulawwal.. subhanallah..
selawat dan salam utk junjungan besar Nabi Muhammad SAW...
 

1 comment:

  1. thnk you. good read here.

    hii jmput join n meriahkan segmen GA kt sini

    http://www.raydahalhabsyi.com/2017/11/comeback-giveaway-by-raydah-alhabsyi.html

    ReplyDelete